Perlengkapan Mancing Di Laut

ANEKA TIPS PILIH JORAN PANCING UNTUK MEMANCING DI LAUT


Ada berbagai macam piranti sebagai perlengkapan buat mancing khusus di dalam Artiket ini saya coba mengupas lebih dalam perlengkapan memancing di Laut.

Karena pada dasarnya untuk memancing di Laut dan di sungai/kolam/empang adalah sama.hanya khusus untuk mancing di laut piranti dari segi spech/spesifikasi piranti sedikit berbeda, itu semua dikarenakan FIGHT antara Ikan di Laut dan di sungai berbeda (kecuali yg di sungai mancingnya buaya atau pesut…ha ha ha ha =Just a Jok)…

Joran


Joran Untuk Mancing di Laut adalah jenis joran yang memiliki bentuk Patahan/Schock. Biasanya terdari dari 2 bagian dgn panjang bervariasi tergantung keinginan,ada panjang 180cm,210cm,dst.Dengan adanya joran maka peralatan memancing bisa dibuat menjadi lebih terasa sat Ficht dengan Ikan terlebih ikan yg berukuran besar,ringkas saat membawanya. Namun ada juga yg senang menggunakan cara Konvensional yaitu dgn tangan(HandLine). 
Joran pada pemancingan laut

Joran terdapat dalam bentuk joran khusus air tawar maupun air laut. Joran untuk air laut sedikit lebih mahal karena biasanya terbuat dari bahan yang lebih kuat seperti darikarbon maupun dari titanium. Penggunaan bahan yang kuat dan lentur tersebut dimaksudkan untuk menahan beban pancingan terutama pada saat memancing ikan di laut yang memang besar – besar. Joran untuk pemancingan laut biasanya sudah dilengkapi dengan pegangan dan spool sebagai penahan senar sebagai peralatan memancing, joran laut sebaiknya juga menggunakan penggulung/reels yang kuat untuk memudahkan pemancing saat menangkap ikan.Ada berapa penggulung/reels yang biasa digunakan untuk memancing di laut seperti : Daiwa,Shimano,Okuma.

Joran pada pemancingan air tawar
Joran untuk memancing di sungai/air tawarbanyak digunakan yg bentuknya seperti Antenna TV Jadul yg bisa ditarik-tarik keluar dan masuk(panjang/pendek) , hanya terdiri dari beberapa ruas. Panjang joran tawar biasa ditawarkan dengan panjang mulai 2 m – 3,6 m dapat diringkas dan di pendekkan menjadi hanya kira – kira 60 cm saja. Dengan model pendek seperti ini joran memancing dapat di bawa ke mana – mana dengan lebih mudah.

Joran antenna tawar sekarang sudah dapat dibeli dengan harga yang murah dibanding denngan joran khusus di Laut. Dan sekarang joran ini sudah menggantikan keberadaan joran lama yang menggunakan bambu atau stick yang ukurannya panjang. Segi kepraktisan dari sebuah joran antenna menjadi pilihan utama para pemancing Air Twar. Biasanya joran ini tersedia dalam dua bahan yaitu dari fiber glass dan dari karbon.

Mungkin hal ini terlihat sepele kawan. Hanya berkaitan dengan joran (tongkat) untuk memancing. Namun, salah memilih joran (tongkat) pancing, bisa menyebabkan kejadian yang tidak kita inginkan disaat sedang memancing. Misal, joran patah, tidak nyaman digunakan dalam genggaman, dll. Simpel, namun perlu mendapat perhatian. So, apa yang harus diperhatikan dalam memilih (membeli) joran pancing ? sedikit tips disini mungkin bisa membantu anda:

MEMILIH JORAN YANG TEPAT


1. Dimana lokasi anda akan memancing, menentukan pilihan joran pancing. Jika anda akan memancing di laut, lebih baiknya anda memilih joran yang biasa tergabung dengan reel didalamnya. Bisa yang include atau bisa anda vari secara terpisah. Mengapa ? karena lokasi laut membutuhkan senar (benang pancing) yang panjang. Jadi anda perlu tempat untuk senar (benang pancing) anda. Disisi lain, sifat ikan yang perlu fight untuk mengangkat ke permukaan. Bayangkan jika senar (benang pancing) anda panjangnya hanya sebatas panjang joran anda ?

2. Pilihlah jenis joran batangan jika lokasi memancing ada di sungai-sungai dangkal, kolam pancing, maupun di tepi-tepi danau. Hal ini untuk memudahkan anda dalam menghandle joran pancing. Tidak ada aturan memang untuk menggunakan jenis joran ini di tempat-tempat tersebut. Namun, banyak testimoni dari pemancing yang enjoy/lebih senang menggunakan jenis joran batangan ini. Kembali ke kenyamanan anda masing-masing ;-)

3. Jika memilih joran dengan tempat senar (benang pancing) sebagai jalanya benang pancing dari reel, pilihlah yang mempunyai dasar berlapis keramik. Mengapa ? karena jika terjadi gesekan pada saat terjadi Fight, kemungkinan tali pancing (senar) putus akan berkurang. Lain halnya jika anda memilih cincin tali pancing yang berdasar besi atau logam-ligam lain yang mudah berkarat. Hal ini bisa membuat tali pancing anda putus karena gesekan yang terjadi.

4. Diameter dari joran juga tidak kalah pentingnya dalam penentuan ini. Karena joran dengan diameter besar, sangat tidak nyaman di pegangan ketika tangan sang pemancing lebih kecil ;-)
Hal tersebut juga perlu anda perhatikan dalam lokasi mancing anda. Jangan memilih joran dengan diameter kecil (untuk anak anda) jika lokasi memancing anda adalah di lautan dengan target ikan-ikan besar

0 komentar:

Post a Comment