Spotted handfish ( Ikan Berkaki Empat )


Spotted handfish (Brachionichthys hirsutus) adalah salah satu ikan laut yang paling terancam punah di dunia. Ini ikan yang sangat khas hampir berbentuk buah pir dan luar biasa, memiliki 'sirip berpasangan' tangan-seperti itu memungkinkan untuk 'berjalan' di sepanjang dasar laut, kedua sirip dada dan perut digunakan dalam gerak ini .

Saat berenang melalui air, sirip berpasangan atau 'median' (seperti ekor dan sirip anal) yang digunakan. Ikan ini adalah krim dalam warna dengan segudang coklat kehitaman, dan kadang-kadang kuning-coklat bintik-bintik, pola yang unik untuk setiap individu . Beberapa individu juga memiliki tanda oranye di sirip mereka. Handfish memiliki godaan kecil tepat di atas mulut mereka, fungsi yang tidak diketahui, tetapi tampaknya tidak akan digunakan untuk menarik mangsa .

Ukuran 

 
    
Panjang: 10 - 15 cm 


Biologi 




Spotted handfish spawn selama September dan Oktober , laki-laki menarik betina dengan tampilan pacaran nya . Dibandingkan dengan ikan lainnya, betina menghasilkan jumlah yang relatif kecil dari telur, sekitar 80 jadi 250 telur melahirkan dan ini sering diposisikan sekitar pangkal dari laut menyuntik (sebuah invertebrata seperti jelly) . Para penjaga perempuan telur selama tujuh sampai delapan minggu sampai sepenuhnya terbentuk remaja menetas. Ini mengukur muda kecil yang hanya enam sampai tujuh milimeter dan ketika mereka muncul, bergerak lurus ke bawah dasar laut, bukannya menyebar.
Spotted handfish pakan dengan menghisap mangsa termasuk udang, ikan kecil dan krustasea kecil seperti amphipods


Jarak


 

Endemik ke muara Sungai Derwent yang lebih rendah di Tasmania, yang Spotted handfish adalah spesies yang relatif umum sampai tahun 1980-an. Spesies telah menurun secara besar-besaran, namun, hanya tiga koloni yang diketahui ada pada tahun 1998.  
Habitat
 


 spotted handfish ditemukan di pasir kasar ke halus dan lumpur, di perairan pantai dari kedalaman 2 sampai 30 meter (3).

0 komentar:

Post a Comment