Mengenal Umpan Ikan

Mengenal Umpan Ikan- Doyan mancing? Selain fishing rod (joran), reel, pemberat dan peralatan lainnya, yang tidak kalah penting dalam memancing adalah umpan. Umpan ini berguna untuk menarik ikan. Kalau umpan kita menarik ikan, ditambah faktor-faktor lainnya, pasti langsung hap.... umpan kita akan dimakan ikan.

Tapi sebenarnya apa sih umpan itu dan bagaimana jenisnya? Umpan adalah bagian dari alat pancing. Umpan berfungsi untuk menarik perhatian ikan sasaran sehingga ikan tersebut tertarik untuk memakan atau mengigitnya.

Jenis-jenis umpan mancing
 
Umpan dapat dibagi dalam 2 kategori besar, yaitu umpan alami dan umpan tiruan.
  1. Umpan alami (bait) adalah umpan yang sama atau secara kimiawi mirip dengan makanan ikan tersebut di habitat aslinya. Umpan alami dapat berupa cacing, udang, ikan, cumi, pelet, umpan esence dan sebagainya. umpan ini lebih jitu untuk memancing di perairan tawar. karena ukuran umpan alami kebanyakan kecil dan ukuran ikan air tawar relative lebih kecil dari dari pada ikan air laut.  
  2. Umpan tiruan (lure) adalah umpan khusus untuk ikan-ikan predator baik air tawar maupun air laut yang dibuat sedemikian rupa sehingga bentuk dan gerakannya menyerupai makanan alami ikan tersebut di habitat aslinya. Beberapa tipe umpan tiruan meliputi  :  minnow, popper, metal jig, konahead, spoon, crankbait, stckbait, spinner, jig head, soft plastic lure, sabiki (kotrekan), feather jig,dll.
pada dasarnya pengunaan umpan harus di sesuaikan dengan lokasi dan sasaran pancing. saran dari zona ikan agar mengunakan umpan alami pada saat mancing di sungai, danau, rawa, atau habitat air tawar. sedangkan untuk mancing di  laut lebih baik mengunakan umpan buatan seperti minnow atau popper dll. karena umpan ini lebih efisien dari pada umpan alami dan ikan laut tidak menyukai umpan alami seperti cacing, pelet, lumut, dll.

0 komentar:

Post a Comment